HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT ( AQ ) DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Setyaningtyas, Endah (2011) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT ( AQ ) DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEBIDANAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (538Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan Adversity Quotient dengan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa kebidanan Universitas Sebelas Maret, jumlah sampel sebanyak 119 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner Adversity Quotient dan studi dokumentasi prestasi belajar. Analisis uji statistik Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS for Windows versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung (0,546) lebih besar dari r tabel (pada α = 0,05, yaitu 0,195) dengan signifikansi 0,00 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis, prestasi belajar dipengaruhi oleh Adversity Quotient sebesar 29,81 % dengan nilai r hitung positif menunjukkan bahwa semakin tinggi Adversity Quotient maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah terdapat hubungan positif dengan tingkat korelasi sedang dan signifikan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar. __________________________________________________________________ Kata Kunci : Adversity Quotient, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 15 Jul 2013 13:22
    Last Modified: 15 Jul 2013 13:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4297

    Actions (login required)

    View Item