Penerapan Model Pembelajaran Kombinasi Peer Tutoring Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

AMELIA, RISKI PUTRI (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kombinasi Peer Tutoring Dan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Riski Putri Amelia. K1514064. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI PEER TUTORING DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XI TGB SMK GANESHA TAMA BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik dan (2) peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali melalui penerapan model pembelajaran kombinasi peer tutoring dan mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kombinasi peer tutoring dan mind mapping dapat (1) meningkatkan hasil belajar ranah siswa kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik dan (2) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak pada siswa kelas XI TGB di SMK Ganesha Tama Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mengalami peningkatan presentase sebesar 31,81% dari pra tindakan sampai siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan presentase sebesar 9,09 % dari siklus I sampai siklus II. Untuk hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus I mengalami peningkatan presentase sebesar 45,44% dari pra tindakan sampai siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,10 % dari siklus I sampai siklus II. Untuk hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I mengalami peningkatan presentase sebesar 54,54% dari pra tindakan sampai siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,64 % dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan keaktifan siswa pada siklus I mengalami peningkatan presentase sebesar 45,45% dari pra tindakan sampai siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,18 % dari siklus I sampai siklus II. Kata Kunci : Model pembelajaran kombinasi peer tutoring dan mind mapping, hasil belajar, keaktifan belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 14:41
    Last Modified: 20 Dec 2018 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42969

    Actions (login required)

    View Item