Pengaruh Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

PAMUNGKAS, RENI ANGGARANI (2018) Pengaruh Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Reni Anggarani Pamungkas. Pengaruh Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Masalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi disebabkan oleh ketidaksesuaian antara metode pembelajaran yang diterapkan dengan kemampuan dan minat siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu metode pembelajaran alternatif yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi siswa. Untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran yang efektif dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan True Experimental Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05/2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan Think Pair Share dan Numbered Heads Together terhadap pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,663 > ttabel = 2,002 dan Pvalue = 0,010 < 0,05/2 sehingga hipotesis diterima. Think Pair Share memengaruhi siswa menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenai konsep dalam mata pelajaran sedangkan Numbered Heads Together memengaruhi pola interaksi siswa untuk dapat menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (85,00 > 80,77) didukung dengan persentase aspek pemahaman konsep ekonomi menunjukkan bahwa melalui penerapan Think Pair Share lebih dapat mengoptimalkan pemahaman konsep mata pelajaran ekonomi siswa dibandingkan dengan Numbered Heads Together. Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, pola pikir, pola interaksi, pemahaman konsep

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 14:33
    Last Modified: 20 Dec 2018 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42966

    Actions (login required)

    View Item