PEMBUATAN VIRTUAL REALITY MUSEUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI

E.Z, NOVIA SAGITA (2018) PEMBUATAN VIRTUAL REALITY MUSEUM UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Museum UNS teletak di lantai 7 gedung UPT Perpustakaan UNS. Salah satu gagasan dari pendirian Museum UNS adalah perlu adanya sebuah upaya pengumpulan dan pengamanan koleksi warisan sejarah UNS. Tepat tahun 2017 Museum UNS diresmikan. Dengan waktu yang terbilang baru Museum UNS sangat memerlukan banyak promosi, dan ini yang menjadi tujuan dari pengembangan aplikasi dimana dijadikan sebagai salah satu media untuk memperkuat promosi Museum UNS. Virtual Reality merupakan teknologi yang menampilkan penggambaran suatu objek atau tempat dalam bentuk 3 dimensi. Dengan teknologi ini pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya dimana pengguna seakan berada dalam lingkungan virtual tersebut. Melihat keuntungan dari Virtual Reality yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk Museum Universitas Sebelas Maret (UNS), maka dibuatlah aplikasi 3D Virtual Reality Museum dengan studi kasus Museum UNS yang merupakan sebuah aplikasi berbasis android dengan tujuan utama sebagai sarana promosi kepada masyarakat. Dalam pembuatan Aplikasi Virtual Reality museum dengan studi kasus Museum UNS terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Langkah awal adalah melakukan observasi secara langsung untuk mendapatkan informasi Museum UNS.Baru setelah itu proses pembuatan aplikasi sesuai dengan data - data yang diperoleh. Virtual Reality Museum UNS akan menampilkan objek-objek seperti sebuah ruangan serta benda-benda yang ada didalam nya. Pembuatan aplikasi Virtual Reality menggunakan Unity 3D Game Engine. Pembuatan bangunan 3D menggunakan aplikasi blender. Untuk pembuatan user interface menggunakan aplikasi coreldraw. Dan untuk pembuatan audio digunakan aplikasi audacity. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Museum UNS berbentuk file .apk yang dijalankan pada perangkat android yang memiliki sensor gyroscope. Virtual Reality Museum UNS diharapkan mampu menciptakan gambaran visual terhadap Museum UNS, sehingga dapat dijadikan sebagai media perkenalan wisata sejarah dan juga sebagai sarana informasi yang interaktif untuk menjadi salah satu bentuk promosi Museum UNS. Kata Kunci: Museum UNS, Virtual Reality, Android, Unity3D Engine, Blender, Coreldraw, Audacity

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 13:48
    Last Modified: 20 Dec 2018 13:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42950

    Actions (login required)

    View Item