Telaah Eksistensi Dissenting Opinion Hakim Agung Dalam Memeriksa Dan Mutus Permohonan Kasasi Terdakwa (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor:177 K/PID/2017)

EP, NATASHA WIJAYANTI (2018) Telaah Eksistensi Dissenting Opinion Hakim Agung Dalam Memeriksa Dan Mutus Permohonan Kasasi Terdakwa (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor:177 K/PID/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1560Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi Dissenting Opinion Hakim dalam memeriksa perkara pemalsuan surat berdasarkan Ketentuan Pasal 182 Ayat (6) KUHAP. Penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang bersifat terapan dengan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik bahan hukum yang digunakan bersifat deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Hakim sebelum menjatuhkan putusan terlebih dahulu bermusyawarah untuk menentukan apa yang akan diputusnya nanti, apabila dalam musyawarah terjadi perbedaan pendapat (Dissenting Opinion) antara majelis hakim sehingga musyawarah tidak dicapai mufakat maka Hakim menggunakan ketentuan Pasal 182 Ayat (6) KUHAP agar diperoleh putusan yang bulat. Doktrin mengenai perbedaan pendapat (Dissenting Opinion) sendiri lahir dan berkembang dalam negara-negara yang menggunakan sistem hukum Common Law, seperti di Amerika Serikat dan Inggris. Doktrin ini kemudian berkembang dan diadopsi oleh negara-negara yang menganut sistem hukum Civil Law seperti Indonesia, Belanda, Perancis dan Jerman. Adanya Dissenting Opinion membuat masyarakat dapat mengetahui latar belakang lahirnya putusan. Masyarakat juga dapat menilai kualitas hakim dari perbedaan pendapat tersebut, terutama untuk mengetahui hakim mana yang lebih mendengar rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat. Kata Kunci: Kasasi, Pertimbangan Hakim, Dissenting Opinion

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 13:45
    Last Modified: 20 Dec 2018 13:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42949

    Actions (login required)

    View Item