PEMBELAJARAN LUKIS TOTEBAG PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018

A, MUHAMMAD FAHMI A (2018) PEMBELAJARAN LUKIS TOTEBAG PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (142Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Fahmi Al Amiq. PEMBELAJARAN LUKIS PADA TOTEBAG DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan pembelajaran Lukis Totebag di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Dan (2) Bagaimana bentuk hasil karya Lukis Totebag yang dihasilkan siswa di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Bapak Subandiyo S.Pd selaku guru mata pelajaran seni budaya di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali, serta foto proses pembelajaran, hasil karya siswa dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan membandingkan sumber data yang di peroleh berupa daftar hasil wawancara dengan Bapak Subandiyo S.Pd selaku guru mata pelajaran Seni Budaya dengan siswa di kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Boyolali, serta review informant. Analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir, yaitu: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Lukis Totebag diawali dengan pembuatan RPP, selanjutnya pembelajaran dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran ini adalah pendekatan scientific. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas. Media pembelajaran yang digunakan berupa slide power point dan media visual berupa sampel karya dari guru. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menilai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses pembuatan karya dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu membuat sketsa, proses pewarnaan, dan finishing. (2) Secara umum pembuatan karya lukis totebag siswa sudah baik, teknik lukis pada pewarnaan dan finishing dalam membuat karya lukis totebag sudah baik. Karya lukis totebag yang dihasilkan oleh siswa sudah mengandung unsur-unsur seni rupa, yaitu: garis, bentuk, bidang, gelap terang, dan warna. Selain itu, karya lukis totebag yang dihasilkan oleh siswa juga sudah mengandung prinsip-prinsip seni rupa, yaitu: irama (rhytm), dominasi (dominance), keseimbangan (balance), kesatuan (unity), keserasian (harmony), dan kesebandingan (proportion). Kata Kunci: Seni Budaya, Pembelajaran Seni Rupa, Lukis Totebag

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 11:36
    Last Modified: 20 Dec 2018 11:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42944

    Actions (login required)

    View Item