ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA DENGAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA SMP NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018

Maulina, Mitachurin (2018) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA DENGAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA SMP NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (101Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mitachurin Maulina. K1313047. ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA DENGAN ANALISIS NEWMAN DITINJAU DARI INTELIGENSI SISWA SMP NEGERI 1 GEMOLONG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi kategori normal; (2) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi pandai; dan (3) mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita menurut analisis kesalahan Newman oleh siswa dengan inteligensi superior. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Gemolong. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Uji validitas data pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi waktu. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Siswa dengan inteligensi normal melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita berdasarkan analisis Newman. (2) Siswa dengan inteligensi pandai melakukan kesalahan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita berdasarkan analisis Newman. (3) Siswa dengan inteligensi superior melakukan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk cerita. KATA KUNCI : Analisis kesalahan Newman, masalah matematika, soal cerita, inteligensi. ABSTRACT Mitachurin Maulina. K1313047. ERROR ANALYSIS OF MATHEMATIC PROBLEM SOLUTION WHICH HAS SHAPE STORY QUESTION WITH NEWMAN’S ERROR ANALYSIS IN TERM OF STUDENT’S INTELLIGENCE OF SMP NEGERI 1 GEMOLONG SCHOOL YEAR 2017/2018 . Thesis, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Juli 2018. This research aims to (1)describe of errors commited when resolve mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis of student with normal intelligence. (2) describe of errors commited when resolving mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis of student with smart intelligence. (3) describe of errors commited when resolve mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis of student with superior intelligence. This research is a qualitative research. Informants of this reseacrh is students of grade VIII A SMP Negeri 1 Gemolong. Data taking of this research is doing by task-based interviews. Validity test of data of this research is doing by time triangulation. Subject choosing of this research using purposive sampling. Analysis data process is doing by data reduction, display data, and conclusion. Result of this research show as below. (1) Student with normal intelligence make a mistake in processing skill and encoding in resolving mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis. (2) Student with smart intelligence make a mistake in encoding in resolving mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis. (3) Student with smart intelligence make a mistake in encoding in resolving mathematic problem which has shape story question according to Newman’s error analysis. KEY WORDS : Newman’s error analysis, mathematic problem, story question, intelligence

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 11:25
    Last Modified: 20 Dec 2018 11:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42939

    Actions (login required)

    View Item