IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Astari, Mardhiyah Ayu (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (82Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mardhiyah Ayu Astari. K3314033. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DIPADU MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa dengan menggunakan model Guided Inquiry dipadu dengan mind map pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 8 SMA Negeri 1 Sragen, (2) prestasi belajar kimia menggunakan model Guided Inquiry dipadu dengan mind map pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 8 SMA Negeri 1 Sragen. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang yang dilakukan selama dua siklus. Pada setiap siklus mempunyai empat tahapan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 8 yang terdiri dari 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa: (1) Penerapan model Guided Inquiry dipadu dengan mind map dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi hidrolisis di kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Terlihat pada prasiklus persentase ketercapaian kemampuan analisis siswa dengan kategori kemampuan analisis sangat tinggi dan tinggi masih rendah yaitu sebesar 43,75%. Setelah dilakukan tindakan, persentase ketercapaian meningkat menjadi 62,50% pada siklus I. Pada siklus II persentase ketercapaian kembali meningkat menjadi 78,13%. (2) Penerapan model Guided Inquiry dipadu dengan mind map dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2017/2018. Aspek pengetahuan siswa meningkat dari 53,12% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 96,88% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aspek keterampilan telah mencapai batas ketuntasan dengan persentase ketercapaian 93,75%. Kata Kunci: Guided Inquiry, Mind Map, Larutan Penyangga, Kemampuan Analisis, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 11:21
    Last Modified: 20 Dec 2018 11:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42937

    Actions (login required)

    View Item