Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan media audio visual untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kratasura Tahun Ajaran 2017/2018

N, M GUNAWAN TARMUDI (2018) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan media audio visual untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kratasura Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (170Kb)

    Abstract

    ABSTRAK M.Gunawan Tarmudi Nugroho. K4413039. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA N 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura dan (2) meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura, dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan media audio-visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura yang berjumlah 36 siswa. Data dan sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus Arikunto yaitu Planning, Action, Observing, danReflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura tahun pelajaran 2017/2018.Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian indikator dalam angket dan lembar pengamatan kreativitas siswa. Pada pra siklus rata-rata ketercapaian kreativitas sebesar54,14 %, dan pada siklus I meningkat menjadi 61,52 %, serta pada siklus II rata-rata kreativitas siswa meningkat menjadi 70,11 %, perolehan ini telah melampaui target yang telah ditentukan yaitu 70%;(2)Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif, pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 33,33 %, dan pada siklus I meningkat menjadi50,0%, serta pada siklus II meningkat menjadi 69,55%, perolehan ini telah melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 65%. Simpullan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kartasura tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci : model Project Based Learning (PjBL), media audiovisual, kreativitas, hasil belajar sejarah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 11:16
    Last Modified: 20 Dec 2018 11:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42935

    Actions (login required)

    View Item