Kajian Psikologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter Novel "Jokowi Si Tukang Kayu" Karya Gatotkoco Suroso dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA

HANDARINI, INUNG (2018) Kajian Psikologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter Novel "Jokowi Si Tukang Kayu" Karya Gatotkoco Suroso dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (145Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Inung Handarini. K1214025.KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL JOKOWI SI TUKANG KAYU KARYA GATOTKOCO SUROSO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 9 Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perwatakan tokoh-tokoh dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso, (2) konflik batin yang dialami tokoh utama, (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu, dan (4) relevansi novel Jokowi Si Tukang Kayu sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa perwatakan tokoh-tokoh dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu digambarkan melalui tiga dimensi, yaitu dimensi fisiologis, dimensi psikologis, dan dimensi sosiologis. Melalui ketiga dimensi tersebut didapatkan penjabaran watak tokoh Joko Widodo, Notomiharjo, Sujiatmi, Iit Sriyantini, Hidayati, Titik Ritawati, dan tokoh-tokoh lainnya. Konflik batin yang dialami oleh tokoh utama Joko Widodo, dianalisis menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud yakni id, ego, dan super ego. Novel Jokowi Si Tukang Kayu juga mengandung 16 dari 18 nilai-nilai pendidikan karakter, yakni nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Novel Jokowi Si Tukang Kayu relevan untuk dijadikan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA kelas XII. Kata Kunci: psikologi sastra, watak tokoh, konflik batin, psikoanalisis Sigmund Freud, nilai pendidikan karakter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 11:03
    Last Modified: 20 Dec 2018 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42930

    Actions (login required)

    View Item