Pemetaan Persepsi Mahasiswa terhadap Media Sosial sebagai Perdagangan Sosial (Social Commerce) dengan Multidimensional Scaling (Studi Kasus pada Media Sosial Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan LINE)

PRAMESTI, IMAS AYU (2018) Pemetaan Persepsi Mahasiswa terhadap Media Sosial sebagai Perdagangan Sosial (Social Commerce) dengan Multidimensional Scaling (Studi Kasus pada Media Sosial Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan LINE). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (142Kb)

    Abstract

    Perkembangan media sosial sebagai platform s-commerce membuat pelaku bisnis sulit untuk mengetahui media sosial mana yang tepat untuk dijadikan platform s-commerce. Pelaku bisnis tidak bisa mempengaruhi developer media sosial untuk memenuhi setiap kebutuhannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana persepsi mahasiswa terhadap setiap media sosial sebagai platform s-commerce. Penelitian ini menggunakan lima media sosial yang paling populer di Indonesia, seperti Youtube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan LINE. Teknik pengambilan data dari survei online menggunakan dua tipe kuesioner, yaitu kuesioner kemiripan dan kuesioner atribut. Kuesioner atribut menggunakan tiga faktor desain s-commerce, yaitu usabilitas, fungsional, dan sosial. Data dari 150 responden diolah menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) dan uji Kruskall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi mahasiwa terhadap setiap desain media sosial sebagai platform s-commerce. Facebook, WhatsApp, dan LINE adalah media sosial yang dipersepsikan paling mendukung dalam aktivitas s-commerce. Selain itu, Instagram adalah media sosial yang memiliki karakteristik desain s-commerce yang paling unik dibandingkan dengan media sosial lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 10:55
    Last Modified: 20 Dec 2018 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42927

    Actions (login required)

    View Item