ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SARI, FRANTY TOSIANA (2018) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Franty Tosiana Sari. K3314023. ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa SMA Batik 2 Surakarta; (2) hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dengan tahap rumusan fokus masalah, bingkai kerja teoritis, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa (visual, oral, writing, listening, mental, dan emotional) dengan model pembelajaran discovery learning pada siswa SMA Batik 2 Surakarta memperoleh aktivitas yang baik dengan rata-rata 78,65 dan persentase ketercapaian sebesar 89%; (2) hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa SMA Batik 2 Surakarta memperoleh hasil belajar cukup baik dengan rata-rata nilai berturut-turut adalah 75,11; 86,11; dan 87,43 dan persentase ketercapaian siswa pada ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan berturut-turut 67,00%; 96,30%; dan 87,00% Kata Kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Hasil Belajar, Hukum-hukum Dasar Kimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 10:19
    Last Modified: 20 Dec 2018 10:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42918

    Actions (login required)

    View Item