Hubungan Kemampuan Analisis dan Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta

Cholifah, Eva Nia Umi (2018) Hubungan Kemampuan Analisis dan Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Eva Nia Umi Cholifah. K3314016. HUBUNGAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara: (1) kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga, (2) kemampuan matematika dengan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga, dan (3) kemampuan analisis dan kemampuan matematika dengan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 4 Surakarta. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4, XI IPA 5, dan XI IPA 7 SMAN 4 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji korelasi dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga dengan koefisien korelasi sebesar 0,748 dan koefisien determinasi sebesar 55,95%. (2) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan matematika dengan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga dengan koefisien korelasi sebesar 0,426 dan koefisien determinasi sebesar 18,15%. (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan analisis bersama-sama dengan kemampuan matematika terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga dengan koefisien korelasi sebesar 0,762. Persamaan regresi linear Y = 9,417 + 0,607 X1 + 0,236 X2, sumbangan efektif kemampuan analisis 51,39% dan kemampuan matematika 6,61%, serta sumbangan relatif kemampuan analisis 88,61% dan dan kemampuan matematika 11,39%. Kata Kunci: Korelasi, Kemampuan Analisis, Kemampuan Matematika, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 10:12
    Last Modified: 20 Dec 2018 10:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42915

    Actions (login required)

    View Item