Implementasi Model Learning Cycle 7E (Einsenkraft) Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Di SD Negeri Wergonayan

SPD, DIAN RAHMAWATI (2018) Implementasi Model Learning Cycle 7E (Einsenkraft) Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran IPA Di SD Negeri Wergonayan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (78Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dian Rahmawati. NIM S811302009. IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7E (EINSENKRAFT) BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI WERGONAYAN. Tesis, Surakarta : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA, mendeskripsikan implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA, meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan sejumlah 26 anak. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan sejumlah 26 anak. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan in depth interview (wawancara mendalam), observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) langkah-langkah implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) : a) elicit, b) engage, c) explore, d) explain, e) elaborate, f) evaluate, g) extend ; 2) Fa Faktor pendukung : a) rancangan pembelajaran yang menarik, b) alat/ media pembelajaran yang memadai, c) motivasi/ keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran ; 3) kendala : a) dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, b) peserta didik kurang teliti dalam menginterpretasi data, c) pembelajaran didominasi oleh peserta didik yang pandai, Solusi : a) guru menyiapkan perangkat pembelajaran jauh-jauh hari sebelum dilaksanakan pembelajaran, b) perhatian guru merata pada semua peserta didik, c) peserta didik yang kurang percaya diri dengan kemampuannya diberi motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran seperti teman-temannya yang lain. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi model learning cycle 7e (Einsenkraft) berbasis multimedia pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Wergonayan. Jumlah siswa yang mencapai KKM menncapai 87 %. Kata kunci: Learning cycle 7e, Multimedia, Pembelajaran IPA

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknologi Pendidikan S-2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 09:49
    Last Modified: 20 Dec 2018 09:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42905

    Actions (login required)

    View Item