Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Sistem Gerak Kelas XI MIA SMA

S, CHRISTINA PUTRI (2018) Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Sistem Gerak Kelas XI MIA SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (80Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan keterampilan bertanya siswa XI MIPA SMA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari refleksi kemudian akan menentukan tindakan untuk siklus selanjutnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri di Karanganyar. Sumber data penelitian adalah pertanyaan yang diajukan oleh siswa, berdasarkan kuantitas dan kualitas pertanyaan. Kuantitas pertanyaan merupakan jumlah pertanyaan yang diajukan oleh siswa secara keseluruhan atau masing-masing siswa. Kualitas pertanyaan siswa memiliki dua indikator yaitu pertanyaan berdasarkan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data adalah diskriptiv kualitatif yang terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan bertanya siswa meningkat setelah dilakukan penerapan model Discovery Learning pada materi sistem gerak. Hal ini berdasarkan meningkatnya kuantitas dan kualitas pertanyaan siswa. Kuantitas pertanyaan siswa meningkat dari 5 menjadi 65 pada siklus I dan 88 pada siklus II. Kualitas pertanyaan siswa meningkat dari pertanyaan yang hanya terdapat pada dimensi pengetahuan faktual dan konseptual menjadi procedural dan metakognitif. Kualitas pertanyaan siswa menngkat dari dimensi proses kognitif C1 dan C2 menjadi pertanyaan dengan dimensi kognitif C3 – C6. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model Disovery Learning mampu meningkatkan keterampilan bertanya siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 09:41
    Last Modified: 20 Dec 2018 09:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42902

    Actions (login required)

    View Item