Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Pengembangan Metode Bermain Sensorimotor Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah III Ngringo

W, AYUDHITA RAHADYAN (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Pengembangan Metode Bermain Sensorimotor Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah III Ngringo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (112Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ayudhita Rahadyan Widyasmoro. K8111013. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGEMBANGAN METODE BERMAIN SENSORIMOTOR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH III NGRINGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pengembangan metode bermain sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf bagi anak kelompok A di TK Aisyiyah III Ngringo Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan gabungan (kualitatif dan kuantitatif). Penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah III Ngringo Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar pada tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah III Ngringo dengan jumlah 19 anak, yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan model interakti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pemanfaatan media yang dipadu dengan pengembangan metode bermain sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Aisyiyah III Ngringo Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan pengenalan huruf pada anak didik pada prasiklus sampai dengan tindakan siklus II yang dilakukan. Hasil ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak pada pratindakan sejumlah 7 anak dari 19 anak atau sebesar 36,84%. Pada siklus I hasil ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak meningkat menjadi 13 anak atau 68,42%. Hasil ketuntasan kemampuan mengenal huruf anak pada siklus II meningkat menjadi 84,21% atau 16 anak. Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian tidakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui pengembangan metode bermain sensorimotor pada anak kelompok A TK Aisyiyah III Ngringo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal huruf anak pada setiap aspek yang dinilai. Kata Kunci: Kemampuan mengenal huruf, aktivitas, metode bermain sensorimotor, media pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 06:49
    Last Modified: 20 Dec 2018 06:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42900

    Actions (login required)

    View Item