Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa

Wuranci, Widhesthi Ratri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (129Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Widhesthi Ratri Wuranci. K4314055. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh pemberian model pembelajaran group investigation dan inkuiri terbimbing teradap keterampilan proses sains terintegrasi siswa, 2) pengaruh kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan proses sains terintegrasi siswa, 3) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran group investigation dan inkuiri terbimbing dengan kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan proses sains terintegrasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pre-posttest only with nonequivalent group design dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dipilih menggunakan teknik intact class. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas perlakuan 1 dengan model group investigation dan kelas perlakuan 2 dengan model inkuri terbimbing. Pengumpulan data keterampilan proses sains terintegrasi menggunakan metode tes, data kemampuan akademik siswa menggunakan dokumentasi nilai UN SMP mata pelajaran IPA, dan data keterlaksanaan model pembelajaran dilaksanakan dengan metode observasi. Analisis data menggunakan uji Anakova dengan taraf signifinaksi 5% dengan pretest sebagai kovariat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran group investigation dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains terintegrasi, ada pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan proses sains terintegrasi, dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran group investigation dan inkuiri terbimbing dengan kemampuan akademik siswa terhadap keterampilan proses sains terintegrasi. Kata Kunci: group investigation, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, kemampuan akademik siswa, kuasi eksperimen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:44
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42890

    Actions (login required)

    View Item