Hubungan antara Pemahaman Sejarah Kebudayaan Indonesia dan Solidaritas Sosial dengan Sikap Multikultural Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2017/2018

Ningtiyas, Sista Febriana (2018) Hubungan antara Pemahaman Sejarah Kebudayaan Indonesia dan Solidaritas Sosial dengan Sikap Multikultural Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1077Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sista Febriana Ningtiyas. HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN SEJARAH KEBUDAYAAN INDONESIA DAN SOLIDARITAS SOSIAL DENGAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemahaman sejarah kebudayaan Indonesia dengan sikap multkultural siswa di SMA Negeri 1 Srengat Blitar; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara solidaritas sosial dengan sikap multikultural siswa di SMA Negeri 1 Srengat Blitar; 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemahaman sejarah kebudayaan Indonesia dan solidaritas sosial secara bersama-sama dengan sikap multikultural siswa di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik tes dan angket yang sebelumnya diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda (uji t), uji F, uji R^2 dan sumbangan relatif serta sumbangan efektif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Ada hubungan positif antara pemahaman sejarah kebudayaan Indonesia dengan sikap multikultural siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linear berganda (uji t) bahwa thitung > ttabel yaitu 3,122 > 1,998 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003. 2) Ada hubungan positif antara solidaritas sosial dengan sikap multikultural siswa SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Berdasarkan uji analisis regresi linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 3,838 > 1,998 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Ada hubungan positif antara pemahaman sejarah kebudayaan Indonesia dan solidaritas sosial secara bersama-sama dengan sikap multikultural siswa SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Berdasarkan uji analisis regresi linear berganda (uji f) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 11,701 > 3,13 dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 25,9%, sedangkan sisanya 74,1% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Kata kunci : Pemahaman Sejarah Kebudayaan Indonesia, Solidaritas Sosial, Sikap Multikultural ABSTRACT Sista Febriana Ningtiyas. THE CORRELATION BETWEEN UNDERSTANDING OF INDONESIAN CULTURE HISTORY AND SOCIAL SOLIDARITY WITH MULTICULTURAL ATTITUDE STUDENTS OF CLASS XI IPS SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR IN THE SCHOOL YEAR OF 2017/2018. Thesis. Historical Education. Faculty of Teacher Training and Education. Surakarta Sebelas Maret of University. 2018 The purpose of this research were : 1) to find out the correlation between understanding of Indonesian culture history with multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar; 2) to find out the correlation between social solidarity with multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar; 3) to find out the correlation between understanding of Indonesian culture history and social solidarity simultaneously with multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. This research is descriptive quantitative using statistical analysis to draw a conclusion. The population of this research was all student of XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. The sample consisted of 70 students taken using simple random sampling technique. The data need was obtained through test and questionnaire. Questionnaire and test are previously tested for its validity and reliability. Data analysis technique used was multiple regression analysis, t test, F test, R^2 test, relative contribution, and effective contribution. The conclusions of research were as: 1) There is positive correlation between understanding of Indonesian culture history and multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. It could be seen from the multiple regression analysis (t test) showing that t_statistic > t_table was 3,122 > 1,998 at significance value < 0,05 was 0,003. 2) There is positive correlation between social solidarity and multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Based on the multiple regression analysis (t test) it could be seen that t_statistic > t_table which was 3,838 > 1,998 with siginificance value < 0,05 of 0,000. 3) There is positive correlation between understanding of Indonesian culture history and social solidarity simultaneously with multicultural attitude of students in class XI IPS SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Based on the multiple regression analysis (f test) it showing that F_statistic > F_table which was 11,701 > 3,12 with significance value < 0,05 of 0,000. The coefficient of determination (R^2) obtained was 25,9%, while the rest which 74,1% was affected by other variables or other factors. Keywords : Understanding of Indonesian culture history, Social Solidarity, Multiculturalism attitude

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:39
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42888

    Actions (login required)

    View Item