Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Karanganyar)

A, RIZKI NOVITA (2018) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (135Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizki Novita Andriyana. K1211062. IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Karanganyar). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, pelaksanaan pembelajaran, kendala yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala sesuai dengan Kurikulum 2013, khususnya pada pembelajaran menulis teks biografi di SMP Negeri 4 Karanganyar. Pendeskripsian mengenai perencanaan, pelaksanaan, kendala dan upaya tersebut untuk mengetahui kesesuaiannya dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan strategi tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peristiwa pembelajaran menulis teks biografi, informan (guru dan siswa), dan dokumen (silabus dan RPP). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis iteraktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP sesuai dengan Kurikulum 2013, namun terdapat ketidaksesuaian pada ketiga RPP yaitu alokasi waktu pada kegiatan inti tidak dituliskan secara rinci pada setiap langkah-langkah kegiatan. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi sesuai dengan RPP namun terdapat ketidaksesuaian pada alokasi waktu. Penilaian dilakukan guru ketika proses pembelajaran maupun praktik menulis. (3) Kendala yang dihadapi guru: sumber belajar yang kurang lengkap, kurang tertariknya dan kurang siapnya siswa pada teks biografi, dan siswa belum sepenuhnya beradaptasi dengan kurikulum 2013. Upaya yang dilakukan guru: mencari referensi tambahan dari sumber lain, memancing antusias siswa dengan permainan, memberikan metode ceramah kepada siswa. Kendala yang dihadapi siswa: kesulitan menentukan tema dan struktur dalam teks biografi. Upaya yang dilakukan siswa: mencari dari sumber lain dan bertanya kepada guru. Kata Kunci: pembelajaran menulis, biografi, implementasi kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:27
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42883

    Actions (login required)

    View Item