Analisis Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten /Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 -2016

WANDANSARI, RISTI (2018) Analisis Faktor -Faktor yang Mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto di Kabupaten /Kota Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012 -2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (330Kb)

    Abstract

    Produk Domestik Regional Bruto merupakan indikator penting untuk mengetahui kondisi perekonomian daerah. Semakin tinggi daerah yang memiliki angka Produk Domestik Regional Bruto, maka berarti kinerja perekonomian dari daerah tersebut juga semakin tinggi. Pada tahun 2016, angka Produk Domestik Regional Bruto Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat ke empat se –Indonesia. Jawa Tengah dikenal sebagai provinsi padat penduduk dan hunian industri –industri besar. Setiap daerah kabupaten /kota di Provinsi Jawa Tengah tentunya memiliki potensi dan faktor pendorong dalam peningkatan perekonomian. Adanya berbagai hambatan dalam tersedianya faktor –faktor tersebut menjadikan besarnya angka PDRB di setiap kabupaten /kota bervariasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor –faktor yang mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto di kabupaten /kota Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2012 sampai 2016. Penulis menggunakan data cross section, kemudian menganalisis data tersebut dengan metode regresi panel. Menurut hasil uji spesifikasi model, penggunaan model yang terbaik adalah fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia dan penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2012 -2016. Variabel kamar hotel berpengaruh tidak signifikan terhadap Produk Domestik Regional Bruto pada tahun 2012 -2016. Kondisi pembangunan sektor pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan di setiap kabupaten /kota Povinsi Jawa Tengah masih kurang merata. Kata kunci: Produk Domestik Regional Bruto, Inedks Pembangunan Manusia, Penduduk, dan Kamar Hotel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:23
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42881

    Actions (login required)

    View Item