Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Bantuan Media Kartu Redoks pada Materi Redoks Kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat untuk Meningkatkan Pemahaman dan Komunikasi Ilmiah Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018

Anjarwani, Rima (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Bantuan Media Kartu Redoks pada Materi Redoks Kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat untuk Meningkatkan Pemahaman dan Komunikasi Ilmiah Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Rima Anjarwani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU REDOKS PADA MATERI REDOKS KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2018. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) pemahaman siswa pada materi pokok redoks di kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilengkapi dengan bantuan media kartu redoks dan (2) komunikasi ilmiah siswa pada materi pokok redoks di kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilengkapi dengan bantuan media kartu redoks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian adalah pemahaman dan komunikasi ilmiah siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data mengacu pada model analisis Miles dan Huberman. Prosedur penelitian adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL yang dilengkapi dengan bantuan media kartu redoks dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi redoks kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat. Ketuntasan pemahaman siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 30,56% meningkat pada siklus II menjadi 80,56%. Kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada siklus I sebesar 73,62% meningkat pada siklus II menjadi 77,78%. Ketuntasan aspek sikap dan aspek keterampilan siswa pada siklus I sebesar 100%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL yang dilengkapi dengan bantuan media kartu redoks pada materi redoks dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa pada materi redoks kelas X MIPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, problem based learning, kartu redoks, komunikasi ilmiah, pemahaman siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:17
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42878

    Actions (login required)

    View Item