Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali

P, RENGGA NGESTHI (2018) Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif setelah mengikuti remediasi pembelajaran menggunakan ModeliPembelajaran KooperatifiTipe Team Assisted Individualization (TAI) padaimateri Momentum dan Impuls kelasaX MIA 4 SMA Negerii3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjekidalam penelitian ini adalahisiswa kelas XuMIA 4 SMAuNegeri 3 Boyolali semesteragenap Tahun Pelajaran 2017/2018. Pemilihan subjekidalam penelitian iniididasarkan padaipertimbangan bahwaisubjek tersebutimempunyai permasalahan-permasalahan yang telahiteridentifikasi pada saatiobservasi awal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis danaMc. Taggart. Data diperoleh melalui tes kognitif, observasi, dan angket. Validitas dari hasil penelitian berdasarkan triangulasi data. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkanaketuntasan belajarisiswa pada aspekikognitif Fisika pada materiiMomentum dan Impulsikelas X MIAi4 SMAaNegeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Persentase ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan 11,11 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 69,44 %, kemudian pada siklus II meningkat menjadii100 %

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:15
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42877

    Actions (login required)

    View Item