PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM PERMATA HATI

PRATIWI, PUNGKI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENDA PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM PERMATA HATI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pungki Pratiwi. K8114053. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Pada Anak Kelompok A Tk Islam Permata Hati Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda anak melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada anak kelompok A TK Islam Permata Hati Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A TK Islam Permata Hati. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 36% atau sekitar 8 anak, siklus I pertemuan I sebesar 45% atau sekitar 10 anak, pada siklus I pertemuan II sebesar 59% atau sekitar 13 anak. Sedangkan pada siklus II mengalami peningktan kembali, pada pertemuan I sebesar 72% atau sekitar 16 anak dan siklus II pertemuan II sebesar 82% aatau sekitar 18 anak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) mampu meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak kelompok A TK Islam Permata Hati Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Kemampuan mengklasifikasikan benda, Contextual Teaching And Learning (CTL), dan anak kelompok A.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 14:05
    Last Modified: 19 Dec 2018 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42873

    Actions (login required)

    View Item