PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DILENGKAPI MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA 3 SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Intani, Pingkan Puteri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DILENGKAPI MEDIA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA 3 SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 3 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terbagi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian yang bertindak sebagai subjek yaitu siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, angket, serta tes. Data bersumber dari guru dan siswa. Penelitian menunjukkan hasil penerapan model pembelajaran Problem Solving dilengkapi LKPD pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa serta telah mencapai target baik aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan sebesar 32,35%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 41,18% dan mengalami peningkatan kembali menjadi 76,47% pada siklus II. Besarnya persentase ketercapaian prestasi belajar aspek pengetahuan siklus pertama yaitu 44,12% kemudian mengalami peningkatan menjadi 79,41% pada siklus kedua. Persentase ketercapaian aspek sikap pada siklus I adalah 91,17% dan mengalami peningkatan menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan besarnya persentase aspek keterampilan siklus I yaitu 100%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 13:57
    Last Modified: 19 Dec 2018 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42870

    Actions (login required)

    View Item