KAJIAN FEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL ENTROK KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

TAUFIK, NUR (2018) KAJIAN FEMINISME DAN NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL ENTROK KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Abstract: This study aims to describe and explain about (1) Entrok Novel Structure; (2) Gender injustice; (3) Knowing the Values of Education; and (4) relevance to high school literature. This research uses qualitative description method with feminism approach. This research strategy uses content analysis (recording documents and archives). The data in this research are qualitative data in the form of words, phrases, phrases, or sentences in the novel Entrok. Sources of research data is grouped into two documents and archives in the form of written material that is the novel Entrok works Okky Madasari and informants in the form of humans who have related information. The technique of this research is using Purposive Sampling, which is the researcher mencuplik parts in novel Entrok which represent information to be used for data source. Data collection techniques in this research is non-interactive method of recording documents or archives (content analysis). Validity of data in this study using data source tringulation techniques and trinangulasi method. Data analysis techniques used in this study is an interactive analysis model analysis that includes three components of data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study are as follows: (1) Entrok novel structure which includes characterization, theme, background. (2) Gender injustice in Novel Entrok by Okky Madasari. (3) In the novel entrok there are values of education. (4) The relevance of novel Entrok works Okky Madasari with literary learning materials in high school. This is because the novel Entrok works Okky Madasari in accordance with the syllabus taught in high school Keywords: Feminism, gender inequality, educational value Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai (1) Struktur Novel Entrok; (2) Ketidakadilan Gender; (3) Mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan; dan (4) relevansi dengan [embelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan pendekatan feminisme. Strategi penelitian ini menggunakan content analysis (mencatat dokumen dan arsip). Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang berwujud kata, frasa, ungkapan, atau kalimat yang ada dalam novel Entrok. Sumber data penelitian ini dikelompokan menjadi dua yakni dokumen dan arsip berupa bahan tertulis yaitu isi novel Entrok karya Okky Madasari dan informan berupa manusia yang memiliki informasi terkait. Teknik cuplikan penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, yakni peneliti mencuplik bagian-bagian dalam novel Entrok yang mewakili informasi agar bisa digunakan untuk sumber data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode interaktif yakni mencatat dokumen atau arsip (analisis isi). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik tringulasi sumber data dan trinangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Struktur novel Entrok yang meliputi penokohan, tema, latar. (2) Ketidakadilan gender dalam Novel Entrok karya Okky Madasari. (3) Dalam novel Entrok terdapat nilai-nilai pendidikan. (4) Adanya relevansi novel Entrok karya Okky Madasari dengan materi pembelajaran sastra di SMA. Hal ini dikarenakan novel Entrok karya Okky Madasari sesuai dengan silabus yang diajarkan di SMA. Kata kunci: Feminisme, ketidakadilan gender, nilai pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 13:52
    Last Modified: 19 Dec 2018 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42868

    Actions (login required)

    View Item