Keefektifan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas X SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

Fajriyah, Kurnia (2018) Keefektifan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas X SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (148Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kurnia Fajriyah. K3113035. Keefektifan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas X SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli. 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas X SMK Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest. Sampel sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 16 peserta didik yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami penurunan skor posttest yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan signifikansi 0,002 (0,002 < 0,05). Artinya hipotesis penelitian diterima dengan peluang kesalahan pengambilan keputusan kurang dari 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prokrastinasi akademik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu teknik self management efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas X SMK Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Self Management ABSTRACT Kurnia Fajriyah. K3113035. The Effectiveness of Self-Management Technique in Reducing Academic Procrastination on the Students of Class X SMK Batik 2 Surakarta 2017/2018 Academic Year. Thesis. Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. July. 2018. This study aimed to test the effectiveness of the group counseling with self-management technique in reducing academic procrastination on the students of Class X SMK 2 Batik Surakarta 2017/2018 academic year. This was a quasi-experimental study with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. The sample of this study was sixteen students of class X SMK Batik 2 Surakarta 2017/2018 academic year which were divided into experimental and control group. This study employed Academic Procrastination questionnaire to collect the data. This study used non-parametric statistical data analysis by Mann Whitney test. The result of this study showed that the experimental group experienced significant post-test score reduction compared to the control group by 0.002 (0.002 < 0.05). It means that the hypothesis of this study was accepted with the potential error of the decision-making was less than 5%. In other words, there was a significant difference of academic procrastination between experimental group and control group. This study concluded that Self-Management Technique was effective in reducing academic procrastination on the students of class X SMK Batik 2 Surakarta 2017/2018 Academic Year. Keywords: Academic Procrastination, Group Counseling, Self-Management Technique

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 13:42
    Last Modified: 19 Dec 2018 13:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42863

    Actions (login required)

    View Item