Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Dipadu Argument Map Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi

Hapsari, Karina Tri (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Dipadu Argument Map Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Karina Tri Hapsari. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DIPADU ARGUMENT MAP TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry learning dipadu argument map terhadap kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment menggunakan desain Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari tujuh kelas. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran Guided Inquiry dan kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran Guided Inquiry dipadu argument map. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes essay, lembar observasi dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Uji hipotesis yang digunakan yaitu paired sample t test dengan taraf signifikansi 5% (α= 0.05) dibantu dengan SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Kesimpulan dari penelitian yaitu pembelajaran Guided Inquiry dipadu argument map berpengaruh terhadap kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran biologi. Kata kunci: kemampuan argumentasi, Guided Inquiry, argument map, biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 13:40
    Last Modified: 19 Dec 2018 13:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42862

    Actions (login required)

    View Item