PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Rahayu, Hening Asti (2018) PENGAPLIKASIAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS-ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keterampilan generik sains siswa menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 4 SMA N 5 Surakarta; (2) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, angket, observasi, kajian dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dapat meningkatkan: (1) keterampilan generik sains pada materi larutan penyangga. Hal tersebut terlihat pada kenaikan prasiklus sebesar 39% menjadi 71% pada siklus I dan 87% pada siklus II. (2) Prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga (aspek pengetahuan 29% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II, aspek sikap ketercapaian siswa yaitu 100% dimana 29% pada kategori Baik dan 71% pada kategori Sangat Baik, sedangkan pada aspek keterampilan juga telah mencapai ketercapaian maksimum yaitu 100%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 11:43
    Last Modified: 19 Dec 2018 11:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42858

    Actions (login required)

    View Item