PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DISERTAI KNOW WANT LEARN CHART TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY, FLEXIBILITY, DAN ORIGINALITY PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA KELAS X

Laksmi, Gardena Smoro (2018) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DISERTAI KNOW WANT LEARN CHART TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY, FLEXIBILITY, DAN ORIGINALITY PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA KELAS X. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (21Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gardena Smoro Laksmi. PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DISERTAI KNOW WANT LEARN CHART TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR FLUENCY, FLEXIBILITY, DAN ORIGINALITY PESERTA DIDIK BIOLOGI SMA KELAS X. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning disertai know want learn chart terhadap keterampilan berpikir fluency, flexibility, dan originality peserta didik biologi SMA kelas X. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Pembelajaran dilaksanakan pada tiga kelas dengan menerapkan model PjBL, model PjBL disertai KWL Chart, dan metode konvensional disertai diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Anacova dengan taraf signifikansi 5%. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa model PjBL dipadu KWL Chart berpengaruh terhadap ketrampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: ketrampilan berpikir kreatif, model project based learning (PjBL), KWL Chart

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 11:38
    Last Modified: 19 Dec 2018 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42856

    Actions (login required)

    View Item