PENGARUH VARIASI JENIS BAHAN BAKAR DAN VARIASI KETEBALAN GASKET KEPALA SILINDER TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 FI TAHUN 2015

S, FEBRIANA RAMDHANI (2019) PENGARUH VARIASI JENIS BAHAN BAKAR DAN VARIASI KETEBALAN GASKET KEPALA SILINDER TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 FI TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3006Kb)

    Abstract

    Febriana Ramdhani S. K2513023. PENGARUH VARIASI JENIS BAHAN BAKAR DAN VARIASI KETEBALAN GASKET KEPALA SILINDER TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 FI TAHUN 2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh variasi jenis bahan bakar terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI Tahun 2015. (2) Mengetahui pengaruh variasi ketebalan gasket kepala silinder terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI Tahun 2015. (3) Mengetahui torsi dan daya tertinggi setelah melakukan variasi ketebalan gasket kepala silinder dengan menggunakan variasi jenis bahan bakar pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Honda Supra X 125 FI Tahun 2015 bernomor seri JBP1E1053687. Data diperoleh dari besarnya torsi dan daya dengan bahan bakar premium, pertalite, dan pertamax dengan ketebalan gasket kepala silinder standar (0,3 mm); 2 gasket kepala silinder (0,6 mm); dan 3 gasket kepala silinder (0,9 mm). Data yang diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI tahun 2015. (2) Ketebalan gasket kepala silinder mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI tahun 2015. Torsi dan daya mengalami penurunan pada ketebalan 2 gasket kepala silinder (0,6 mm) dan ketebalan 3 gasket kepala silinder (0,9 mm). (3) Nilai oktan yang lebih tinggi pada jenis bahan bakar bensin dan ketebalan gasket kepala silinder mempengaruhi torsi dan daya pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI tahun 2015. (4) Dengan menggunakan bahan bakar pertalite pada ketebalan gasket kepala silinder standar (0,3 mm) dapat menghasilkan torsi yang optimal yaitu sebesar 11.60 N.m pada putaran mesin 4730 rpm dan daya yang optimal yaitu sebesar 11.1 HP pada putaran mesin 8407 rpm pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI tahun 2015. Untuk menghasilkan torsi dan daya yang optimal pada sepeda motor Honda Supra X 125 FI tahun 2015 direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar pertalite dengan ketebalan gasket kepala silinder standar. Kata kunci : ketebalan gasket kepala silinder, bahan bakar, torsi, daya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 02 Jan 2019 17:02
    Last Modified: 02 Jan 2019 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42854

    Actions (login required)

    View Item