Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Kesiapan Sekolah Anak Masuk SD

A, FANNY AYUSTINA (2018) Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Kesiapan Sekolah Anak Masuk SD. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (51Kb)

    Abstract

    ABSTRAK: Angka mengulang di kelas satu Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Sukoharjo memiliki jumlah terbesar dibandingkan dengan tingkat kelas diatasnya. Kondisi ini dimungkinkan terjadi karena kurangnya kesiapan sekolah. Oleh karena itu, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu kesiapan sekolah anak masuk SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketarlibatan orangtua dengan kesiapan sekolah anak masuk SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Sampel penelitian ini ialah 60 anak usia 5-6 tahun di RA Islam Al Falah Sukoharjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesiner. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi “pearson product moment”. Analisis data dengan menggunakan uji spearman rho dengan bantuan aplikasi SPSS 17.0. Uji analisis korelasi menggunakan program SPSS didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690 dengan sig = 0,000; p < 0,05. Hal ini menunjukkan ada hubungan positif antara kesiapan sekolah anak dengan keterlibatan orangtua. Semakin tinggi keterlibatan orangtua seperti perhatian kepada anak, memberi motivasi, bekerjasama dengan sekolah dalam hal pendidikan anak, maka semakin tinggi pula kesiapan sekolah anak masuk SD seperti anak percaya diri dalam melakukan aktivitas karena anak mendapat dukungan dan perhatian penuh dari orangtua , sebaliknya semakin rendah keterlibatan orangtua maka semakin rendah pula kesiapan sekolah anak masuk SD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 11:31
    Last Modified: 19 Dec 2018 11:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42852

    Actions (login required)

    View Item