PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI PADA MASYARAKAT ( Studi Peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta )

ADI, DWI CAHYONO (2018) PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI PADA MASYARAKAT ( Studi Peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Cahyono Adi. K6412020. PENGUATAN IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI PADA MASYARAKAT (STUDI PERAN KOMANDO DISTRIK MILITER 0735 SURAKARTA). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta dalam mencegah berkembangnya gerakan radikal di Kota Surakarta. 2) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi program penguatan Ideologi Pancasila oleh Komando Distrik Militer 0735 Surakarta. 3) mengetahui pentingnya penerapan Ideologi Pancasila pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data didapatkan dari informan, dokumen tempat, dan peristiwa yang terjadi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Komando Distrik Militer 0735 Surakarta sebagai perpanjangan tangan TNI AD di daerah bertugas menjalankan pembinaan teritorial untuk menangulangi radikalisme. 2) Peran Komando Distrik Militer 0735 Surakarta dalam menguatkan Ideologi Pancasila dilakukan melalui program Pembinaan Teritorial antara lain yaitu a) Komunikasi Sosial; b) Bhakti TNI; 3) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya deradikalisasi pada masyarakat oleh Kodim 0735 Surakarta adalah sebagai berikut: a) Faktor pendukung (1) Sarana dan prasarana yang memadai; (2) Dana operasional yang mencukupi untuk kegiatan; b) Faktor penghambat (1) Jumlah dan kualitas SDM yang tidak memadai; (2) Penggunaan metode yang kurang tepat. Kata kunci: Ideologi Pancasila, deradikalisasi, masyarakat, Kodim 0735 Surakarta

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 11:17
    Last Modified: 19 Dec 2018 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42846

    Actions (login required)

    View Item