Pengembangan E-Vocational Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Program CAD 2D dengan Materi Membuat Denah dan Tampak Rumah Tinggal

Mursito, Danang (2018) Pengembangan E-Vocational Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Program CAD 2D dengan Materi Membuat Denah dan Tampak Rumah Tinggal. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Danang Mursito. Abdul Haris Setiawan. Ida Nugroho Saputro. PENGEMBANGAN E-VOCATIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PROGRAM CAD 2D DENGAN MATERI MEMBUAT DENAH DAN TAMPAK RUMAH TINGGAL. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampak rumah tinggal. (2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampak rumah tinggal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan, dengan melakukan pengembangan E-Vocational sebagai media pembelajaran. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui: (1) Tahap studi pendahuluan dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan. (2) Tahap pengembangan dengan melakukan pengkajian materi program CAD 2D yang mengacu pada RPS. Kemudian pembuatan desain model yang dibagi menjadi 6 bagian diantaranya: menyusun draft materi, pembuatan media E-Vocational, membuat materi, pembuatan serta editing video pembelajaran, upload materi dan video pembelajaran pada E-Vocational, dan media E-Vocational siap digunakan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya melakukan validasi kepada para ahli materi, media dan pembelajaran untuk menilai kelayakan media yang dibuat. Selanjutnya uji coba terbatas dengan 3 mahasiswa dan uji coba luas kepada 30 mahasiswa PTB FKIP UNS tahun angkatan 2015. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses pengembangan terkait model pemakaian E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah program CAD 2D dengan materi membuat denah dan tampak rumah tinggal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) prosedur pengembangan E-Vocational sudah sesuai dan dilakukan dengan tahap pengembangan dengan tahap prosedur: studi literatur, draft desain model, validasi desain, uji coba kelompok kecil, evaluasi dan perbaikan, uji coba kelompok luas, evaluasi dan perbaikan dan model pemakaian. (2) Hasil penilaian ahli materi menyatakan bahwa E-Vocational sebagai media pembelajaran sangat layak digunakan dengan persentase 96.25%. Penilaian ahli media dengan persentase 93.00% menyatakan bahwa pengembangan media termasuk kategori sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran menyatakan bahwa pengembangan E-Vocational sebagai media pembelajaran sangat layak dengan persentase 100.00% untuk uji coba terbatas hasil yang diperoleh sebesar 90.42% menyatakan bahwa media pembelajaran yang dirancang sangat layak kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase 81.33% bahwa media pembelajaran termasuk kategori sangat layak. Kata Kunci : media, pembelajaran, E-Vocational, AutoCAD ABSTRACT Danang Mursito. Abdul Haris Setiawan. Ida Nugroho Saputro. E-VOCATIONAL DEVELOPMENT AS A LEARNING MEDIUM OF CAD 2D PROGRAM SUBJECT WITH MATERIALS TO MAKE PLANS AND HOME LOOK. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta, September 2018. The objectives of this research are to: (1) develop E-Vocational as a learning medium of 2D CAD program subject with materials to make plans and home look. (2) know the expediency level of E-Vocational as a learning medium of 2D CAD program subject with materials to make plans and home look. This research used research and development methods, by developing E-Vocational as a learning medium. The procedure in developing instructional media was done through: (1) The preliminary research phase was carried out with literature research and field research and observations. (2) The development phase by conducting material review with direction from the lecturers of 2D CAD program subject that refer to the study plans. Then the design of the model is divided into 6 parts including: compiling draft material, making E-Vocational learning medium, making material, making and editing video learning, uploading material and learning videos on E-Vocational, and E-Vocational learning medium is ready to be used as learning medium. Next, validating the assessment to the material experts, media and learning to assess the expediency of the learning media created. Furthermore, there was a limited trial with 3 students who had taken 2D CAD program subject and extensive trial to 30 of Structural Engineering Education of Faculty of Teacher and Education UNS class of 2015. (3) The evaluation phase was the final phase of the development process related to the final E-Vocational model as a learning medium of 2D CAD program subject with materials to make plans and home look. Based on the results of the research, it can be concluded that: (1) Procedures for E-Vocational development are appropriate and carried out with the development stage which are: literature study, model design drafts, design validation, small group trials, evaluation and improvement, extensive group trials, Memory and improvements and usage models. (2) The results of the assessment of material experts stated that E-Vocational as a learning medium is very feasible to use with a percentage of 96.25%. Media expert assessment with a percentage of 93.00% stated that media development is a very feasible category. The assessment of learning experts stated that the development of E-Vocational as a learning medium was very feasible with a percentage of 100.00% while the limited trial results obtained at 90.42% stated that the instructional media was very feasible then in the extensive trial stated with a percentage of 81.33% that the learning media is a very decent category. Keywords : medium, learning, E-Vocational, AutoCAD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 11:09
    Last Modified: 19 Dec 2018 11:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42842

    Actions (login required)

    View Item