Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat

SANDY, ANISA SATYA (2018) Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (929Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anisa Satya Sandy. K2314005. REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI KEBAKKRAMAT. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa untuk mencapai ketuntasan aspek kognitif pada materi Momentum dan impuls dengan penerapan remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Guided Discovery Learning . Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Kebakkramat. Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan pre-test & post-test. Teknik analisis data dengan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5 %. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 67,13 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 78,88. dari analisis data menggunakan uji-t satu ekor menunjukkan bahwa pada taraf signifikasi 5 %, thitung = 11,995 > ttabel = 1,689. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning dapat membantu siswa untuk mencapai ketuntasan belajar pada aspek kognitif Fisika pada materi Momentum dan Impuls kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2017/2018, dari 41,7 % menjadi 100 %. Kata kunci: Remediasi, Guided Discovery Learning, Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 19 Dec 2018 10:54
    Last Modified: 19 Dec 2018 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42835

    Actions (login required)

    View Item