Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta

YULIATUN, SRI (2018) Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada Materi Usaha dan Energi Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (119Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa melalui remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada materi Usaha dan Energi kelas X MIPA SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan rancangan one pre-test and post-test. Data diperoleh melalui tes kemampuan kognitif yaitu pre-test dan post-test. Validasi data menggunakan teknik validasi instrumen yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya pembeda, uji validitas, uji reliabilitas, dan efektivitas distraktor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Ada peningkatan secara signifikan pada kemampuan kognitif siswa yang dapat dilihat dari uji gain ternormalisasi yang menghasilkan n-gain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Siswa yang mencapai KKM pada saat pre-test sebesar 3,125 %. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran SAVI, siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada saat post-test menjadi 90,625 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Dec 2018 14:49
    Last Modified: 17 Dec 2018 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42827

    Actions (login required)

    View Item