PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA PURBALINGGA

KURNIASARI, INDAH RAHAYU (2018) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA PURBALINGGA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (199Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan media game edukasi ekonomi berbasis mobile learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 2) mengetahui kelayakan media game edukasi ekonomi berbasis mobile learning, 3) mengetahui keefektifan media game edukasi ekonomi berbasis mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kelayakan media dinilai berdasarkan validasi para ahli dan hasil angket respon penggunaan media yang diberikan kepada siswa sedangkan keefektifan media dilakukan dengan melakukan uji independent t test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA di kabupaten Purbalingga yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik proportional stratified random sampling. Adapun sekolah yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah SMA N 1 Purbalingga, SMA N 1 Bukateja dan SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Hasil validasi para ahli menyatakan media game edukasi ekonomi berbasis mobile learning layak sebagai media pembelajaran ekonomi SMA. Hasil angket respon penggunaan media yang diberikan kepada siswa SMA N 1 Bukateja pada tahap uji coba terbatas dan uji coba luas juga menyatakan bahwa media game edukasi ekonomi berbasis mobile learning layak digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi SMA. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji independent t test di SMA N 1 Purbalingga diketahui nilai t hitung 4,551 > t tabel 1.99897. Nilai signifikansi post-test pada uji independent t test juga diketahui sebesar 0,0000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil uji independent t test di SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga menunjukan nilai t hitung 4,740 > t tabel 1.99444. Nilai signifikansi post-test pada uji independent t test juga diketahui sebesar 0,0000 < 0,05 maka H0 ditolak. Hal Ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena nilai rata- rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata- rata post-test kelas kontrol maka kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kesimpulannya media pembelajaran game edukasi ekonomi berbasis mobile learning efektif, layak dan signifikan untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Game edukasi; Ekonomi; Mobile Learning; Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Dec 2018 14:32
    Last Modified: 17 Dec 2018 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42820

    Actions (login required)

    View Item