Hubungan Antara Identity Confusion dan Online Disinhibition dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja

Amalia, Fitri (2018) Hubungan Antara Identity Confusion dan Online Disinhibition dengan Perilaku Cyberbullying pada Remaja. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (248Kb)

    Abstract

    Remaja sebagai Connected Generation yang identik dengan kelekatan pada penggunaan media sosial memiliki kesempatan besar untuk melakukan bullying di dunia maya (cyberbullying). Salah satu karakteristik dasar personal yang mendasari munculnya perilaku delinkuen di masa remaja adalah kebingungan atas identitas diri (identity confusion). Dengan adanya karakteristik penggunaan media sosial mengenai sejauh mana seseorang merasa bebas dalam bertindak di dunia maya (online disinhibition) turut mempengaruhi bagi munculnya perilaku menyimpang di dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identity confusion dan online disinhibition dengan perilaku cyberbullying pada remaja serta hubungan parsial antara identity confusion dan online disinhibition dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Penelitian ini menggunakan 347 siswa di enam SMP di Jakarta Selatan yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala perilaku cyberbullying yang menunjukan apakah subjek berpartisipasi dalam perilaku cyberbullying atau tidak dengan nilai koefisien validitas 0,311 – 0,810 dan reliabilitas 0,870, skala identity confusion dengan koefisien validitas 0,326 – 0,756 dan reliabilitas 0,889, dan skala online disinhibition dengan koefisien validitas 0,305 – 0,775 dan reliabilitas 0,914. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil menunjukan adanya hubungan positif signifikan yang lemah antara identity confusion (β1=0,055) dan online disinhibition (β2=0,032) dengan perilaku cyberbullying pada remaja (R=0,2; p<0,05) dan hubungan positif signifikan yang lemah secara parsial antara identity confusion (R=0,1; p<0,05) dan online disinhibition (R=0,1; p<0,05) dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Temuan tambahan menunjukan adanya hubungan antara identity confusion dengan perilaku cyberbullying pada remaja melalui online disinhibition (β=0,00157; t=1,96; p<0,05) dan terdapat 94,4% faktor lain yang mempengaruhi perilaku cyberbullying pada remaja.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 17 Dec 2018 14:23
    Last Modified: 17 Dec 2018 14:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42816

    Actions (login required)

    View Item