Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Constructive Controversy dan Inkuiri Terbimbing Sesuai Representasi Tetrahedral Kimia terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis

Annisak, Siti Khoirun (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Constructive Controversy dan Inkuiri Terbimbing Sesuai Representasi Tetrahedral Kimia terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (417Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Siti Khoirun Annisak. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONSTRUCTIVE CONTROVERSY DAN INKUIRI TERBIMBING SESUAI REPRESENTASI TETRAHEDRAL KIMIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Pembelajaran Kimia Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Materi kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan salah satu materi yang sulit sehingga dibutuhkan kemampuan berpikir kritis. Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penerapan model pembelajaran Constructive Controversy (CC) dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) interaksi antara penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dann XI MIA 4 SMA Negeri 1 Sragen yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) instrumen tes berpikir kritis dan aspek pengetahuan; (2) angket untuk mengukur prestasi sikap; dan (3) observasi untuk mengukur aspek sikap, ketrampilan, dan penerapan tetrahedral kimia. Analisis data menggunakan uji statistic parametrik ANAVA dan non parametrik Kruskal Wallis dengan bantuan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (2) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan tetapi tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap aspek sikap dan ketrampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan; (3) tidak ada interaksi antara penerapan model pembelajaran CC dan inkuiri terbimbing berdasarkan representasi tetrahedral kimia dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata kunci : Constructive Controversy (CC), Inkuiri terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Representasi Tetrahedral Kimia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 16:31
    Last Modified: 16 Dec 2018 16:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42810

    Actions (login required)

    View Item