ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI POKOK VEKTOR

L, TANFIDZIYAH M (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI POKOK VEKTOR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2762Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tanfidziyah Muchacha Lathfika. ANALISI KESALAHAN SISWA KELAS X DALAM MENGERJAKAN SOAL MTERI POKOK VEKTOR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok Vektor. Penelitian merupakan deskriptif kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas X IPA 2 di SMAN 2 Karanganyar yang terdiri dari 37 siswa. Sampel penelitian dipilih sebanyak 8 siswa dari 37 siswa kelas XI IPA 2 dengan menggunakan teknik sampel bertujuan. Siswa yang dipilih yaitu siswa yang melakukan kesalahan umum siswa lain, serta kesalahan siswa yang lebih bervariasi dan menarik untuk diteliti. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi data, yaitu membandingkan data hasil observasi guru dan siswa, data hasil tes ulangan harian dan data hasil wawancara dari beberapa siswa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pokok Vektor yaitu kesalahan strategi sebesar 37,24 % yang disebabkan siswa bingung, lupa, dan kurang cermat dalam menafsirkan pada soal. Kemudian diikuti soal tidak direspon sebesar 32,43 % yang disebabkan siswa kurang paham, bingung, dan lupa dalam menjawab soal. Kemudian diikuti kesalahan konsep sebesar 42,16 % yang disebabkan siswa belum paham, bingung dan lupa tentang konsep vektor, kesalahan tanda sebesar 16,22 % yang disebabkan siswa bingung dan lupa tentang konsep arah, kesalahan terjemahan sebesar 31,89 % yang disebabkan siswa belum membaca petunjuk soal, lupa, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, bingung dan belum terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, dan kesalahan hitung sebesar 24,32 % yang disebabkan siswa bingung dalam operasi matematisnya, kurang teliti dan terburu-buru dalam menjawab soal. Dari jenis- jenis kesalahan yang ditemukan, terdapat jenis kesalahan yang saling berkaitan yaitu kesalahan strategi dengan kesalahan konsep sebesar 39,70 %. Kata kunci: analisis, kesalahan, soal, Vektor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 05:41
    Last Modified: 16 Dec 2018 05:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42803

    Actions (login required)

    View Item