Model Integrasi Nilai-Nilai Akulturasi Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik SMA Negeri 1 Baturraden

RAHAYU,, SUCI (2018) Model Integrasi Nilai-Nilai Akulturasi Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik SMA Negeri 1 Baturraden. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Suci Rahayu . NIM S861508024. 2018 MODEL INTEGRASI NILAI-NILAI AKULTURASI MASJID AGUNG NUR SULAIMAN BANYUMAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BATURRADEN . TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum, Pembimbing II: Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Program Pendidikan Pascasarjana Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Baturraden; (2). Mengembangkan pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Akulturasi Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas untuk meningkatkan Sikap toleransi pesreta didik dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem based Learning ( PBL ) di SMA Negeri 1 Baturraden dan (3) Menguji efektivitas pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai nilai-nilai Akulturasi Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas untuk meningkatkan Sikap toleransi peseta didik dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) di SMA Negeri 1 Baturraden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development ) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS1 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sikap toleransi dan tes prestasi belajar. Dalam memperoleh hasil efektivitas akan dilakukan dengan melakukan uji t. Hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Baturraden masih membutuhkan model yang inovatif dan masih rendahnya pengetahuan maupun perilaku mengenai sikap toleransi peserta didik; (2) Model yang dikembangkan mengacu pada pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Akulturasi Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas untuk meningkatkan Sikap toleransi dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran Problem based Learning ( PBL ); (3) efektivitas diketahui dari meningkatnya prestasi dan sikap toleransi peserta didik setelah penerapan model pembelajaran. Data prestasi kelas eksperimen (XI IPS 4) hasil posttest mendapatkan rata-rata 74,48 sedangkan hasil posttest kelas kontrol (XI IPS 1) mempunyai rata-rata 51,14 dan hasil data sikap toleransi kelas eksperimen (XI IPS 4) mendapatkan rerata 100,78 sedangkan hasil kelas kontrol (XI IPS 1) mempunyai rata-rata 100,714. Peneliti memakai SPSS tipe 21 dalam membantu mengetahui efektifitas model pembelajaran dengan nilai signifikansi yang ada pada uji statistik. Uji t nilai prestasi sebesar 0,920 dengan taraf signifikansi 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan H1 diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data sikap nilai taraf signifikansi sebesar untuk uji t diperoleh 4,238 dengan taraf signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,25 (0,000<0,025), maka Ho ditolak dan H1diterima. Hasil dari uji t bisa menyimpulkan terdapat pengaruh perubahan peningkatan sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Masjid Agung Nur Sulaiman Banyumas , Sikap Toleransi , Efektivitas Model.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 05:41
    Last Modified: 16 Dec 2018 05:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42802

    Actions (login required)

    View Item