PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2017/2018

HIRAMA, SINTA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (183Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sinta Hirama. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli, 2018. Tujuan Penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Team Quiz (2) meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui penerapan model Team Quiz, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Team Quiz dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan pedoman wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Team Quiz, yaitu: (a) menentukan topik; (b) membentuk kelompok belajar; (c) menjelaskan materi; (d) memfasilitasi pelaksanaan kuis; (e) menyimpulkan hasil tanya jawab dan diskusi; (2) penerapan model Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang perubahan kenampakan bumi, dibuktikan dengan peningkatan tingkat keaktifan dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I-III, yaitu (a) keaktifan 47,91%, 85,41%, dan 91,67%; (b) hasil belajar 64,58%, 85,42%, dan 91,67%; (3) kendala penerapan model Team Quiz yaitu: (a) belum semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan diskusi; (b) terdapat kelompok yang membuat pertanyaan kurang sesuai dengan materi yang diberikan; (c) siswa kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi pembelajaran maupun petunjuk pengisian LKS; (d) siswa belum aktif bertanya, menjawab, berpendapat, dan menyimpulkan materi; dan (e) siswa yang menjawab pertanyaan dari kelompok lain cenderung tidak berganti karena kurangnya motivasi pada siswa tertentu sehingga hanya mengandalkan teman dan bersikap acuh. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Team Quiz, keaktifan, IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 05:40
    Last Modified: 16 Dec 2018 05:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42800

    Actions (login required)

    View Item