PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING BERBANTUAN MEDIA FUN SOCIAL PUZZLE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD N Mangkuyudan No.02 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Prihatina, Sifa Adriani (2018) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING BERBANTUAN MEDIA FUN SOCIAL PUZZLE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD N Mangkuyudan No.02 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sifa Adriani Prihatina.PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING BERBANTUAN MEDIA FUN SOCIAL PUZZLE(PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SD N MANGKUYUDAN NO. 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan minat belajar IPS melalui penggunaan strategi Joyful Learning berbantuan media Fun Social Puzzle pada siswa kelas IV SD N Mangkuyudan No.2 Laweyan Surakarta tahun ajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan hasil dari peningkatan minat belajar IPS siswa kelas IV SD N Mangkuyudan No.02 melalui penggunaan strategi Joyful Learning berbantuan media Fun Social Puzzle. 3) Mendeskripsikan penggunaan strategi Joyful Learning berbantuan media Fun Social Puzzle dalam meningkatkan minat belajar IPS kelas IV SD N No.02 Mangkuyudan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari emapat tahapan, dimulai dadri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas IV SD N Mangkuyudan No.2 tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 30 siswa, 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: waawancara, observasi, dan angket minat. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Mangkuyudan No.2 menggunakan startegi joyful learning berbantuan media fun social puzzle meningkat. Peningkatan tersebut ditandai dengan jumlah siswa pada kategori minat tinggi dan sangat tinggi mengalami kenaikan. Pada pratindakan siswa yang beminat tinggi dan sangat tinggi pada materi IPS hanya 10 siswa atau 32%. Pada siklus I meningkat menjadi 63% atau 19 siswa. Pada akhir siklus II meningkat menjadi 93% atau 28 siswa. Kata kunci: minat belajar IPS, stategi joyful learning, media fun social puzzle

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 05:40
    Last Modified: 16 Dec 2018 05:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42799

    Actions (login required)

    View Item