INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN

BADRIYAH, NURUL LAILATUL (2018) INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (123Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurul Lailatul Badriyah. K1514057. ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran produktif gambar teknik kelas X jurusan Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Tingkat kelayakan instrumen penilaian berguna untuk membuktikan bahwa instrumen tersebut mampu menjadi alat ukur yang benar-benar sesuai dengan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DPIB di SMK N 2 Surakarta yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X DPIB A, X DPIB B dan siswa kelas X DPIB di SMK Ganesha Tama Boyolali. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket, dokumentasi dan observasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi siswa dan guru, observasi untuk mengumpulkan data kesesuaian instrumen penilaian dengan standar penilaian menggunakan lembar observasi, sedangkan dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa dokumen nilai siswa, dan seperangkat instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil bahwa; instrumen penilaian yang digunakan guru dalam mata pelajaran produktif gambar teknik di SMK N 2 Surakarta dan SMK Ganesha Tama layak digunakan. Dengan catatan butir soal ujian perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi kualitasnya. Seperti kualitas butir soal Ujian Tengah Semester di SMK N 2 Surakarta yang memiliki 93,3% dari keseluruhan soal daya pembeda soalnya dibawah rata-rata kategori baik dan pada soal Ujian Akhir Semester 35% dari keseluruhan soal masuk kategori tidak valid, 47,5% dari keseluruhan soal daya pembeda soalnya dibawah rata-rata kategori baik. Perbaikan butir soal juga berlaku pada soal Ujian Tengah Semester di SMK Ganesha Tama dimana soal memiliki nilai reliabilitas negatif, 90% dari keseluruhan soal masuk kategori tidak valid, 80% dari keseluruhan soal daya pembeda soalnya dibawah rata-rata kategori baik dan pada soal Ujian Akhir Semester memiliki 53,33% dari keseluruhan soal masuk kategori tidak valid, 33,33% dari keseluruhan soal daya pembeda soalnya dibawah rata-rata kategori baik. Instrumen penilaian yang digunakan guru mata pelajaran Gambar Teknik juga memperoleh persepsi layak, baik persepsi dari siswa maupun guru. Ditinjau dari hasil nilai siswa juga menunjukan rata-rata kategori baik. Kata Kunci: Kelayakan Instrumen Penilaian, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Dec 2018 05:27
    Last Modified: 16 Dec 2018 05:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42789

    Actions (login required)

    View Item