PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL BERUPA PERTANYAAN GURU DI TAHAP KELIMA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP

R, YACINTA ARUM DWI (2018) PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL BERUPA PERTANYAAN GURU DI TAHAP KELIMA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yacinta Arum Dwi Rahayu. PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL BERUPA PERTANYAAN GURU DI TAHAP KELIMA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep dalam bentuk concept map peserta didik dengan menerapkan teknik instruksional berupa pertanyaan guru di tahap kelima model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian terdiri dari 36 peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data berupa skor concept map peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, assessment, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui skor concept map. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan teknik instruksional berupa pertanyaan guru di tahap kelima model pembelajaran berbasis proyek meningkatkan skor concept map yang memvisualisasikan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep. Kata Kunci : teknik instruksional, pertanyaan guru, concept map, berbasis proyek, menemukan dan menghubungkan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Dec 2018 15:42
    Last Modified: 19 Dec 2018 15:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42784

    Actions (login required)

    View Item