Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)

Atika, Widya (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (30Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Widya Atika. K7114186. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan melalui Model Pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar 60,25 meningkat menjadi 72,5 pada siklus I, meningkat lagi menjadi 79,88 pada siklus II. Jumlah siswa pada pratindakan yang mencapai KKM sebanyak 7 orang (35%), pada siklus I sebanyak 14 orang (70%), dan mengalami peningkatan kembali menjadi sebanyak 17 orang (85%) di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan pada siswa kelas V SD Negeri Tegalayu No. 96 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Keterampilan Menulis, Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Dec 2018 15:41
    Last Modified: 19 Dec 2018 15:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42781

    Actions (login required)

    View Item