Remediasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe SSCS Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI MIPA

Della, Viyona Arsita (2018) Remediasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe SSCS Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI MIPA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (138Kb)

    Abstract

    iyona Arsita Della. K2314051. Remediasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Tipe SSCS Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI MIPA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 setelah mengikuti remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran problem solving tipe SSCS pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-test design. Pengumpulan data dilaksanakan melalui dokumentasi untuk mendapat nilai siswa sebelum tindakan dan teknik tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa setelah diberi tindakan. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu dengan uji gain ternormalisasi dan uji Wilcoxon Sign Rank dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai rata-rata pretest 64,64 dengan presentase ketuntasan 26% dan nilai rata-rata posttest 75,48 dengan presentase ketuntasan 61,29%. Nilai rata-rata sesudah dilakukan remediasi meggunakan model Problem Solving tipe SSCS lebih besar dari sebelumnya. Hasil penelitian didukung dengan hasil analisis menggunakan uji gain ternormalisasi dan uji Wilcoxon Sign Rank. Hasil analisis data menggunakan hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan ada peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 0,306 dengan kategori sedang. Sedangkan uji Wilcoxon Sign Rank menunjukkan bahwa (Zhitung > Ztabel) = (4,062 > 1,645) yang berarti remediasi pembelajaran menggunakan model problem solving tipe SSCS berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa remediasi pembelajaran menggunakan model problem solving tipe SSCS dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya. Kata kunci: Remediasi, Problem Solving, SSCS, Kemampuan Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Dec 2018 15:35
    Last Modified: 19 Dec 2018 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42779

    Actions (login required)

    View Item