PEMANFAATAN PATI JAGUNG (Zea mays) MENJADI EDIBLE FILM YANG DIINKORPORASIKAN DENGAN PERASAN TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa) DAN PLASTICIZER GLISEROL SEBAGAI COATING PADA BUAH SEGAR

NANDYA, VIDOLA RINEKO (2018) PEMANFAATAN PATI JAGUNG (Zea mays) MENJADI EDIBLE FILM YANG DIINKORPORASIKAN DENGAN PERASAN TEMU HITAM (Curcuma aeruginosa) DAN PLASTICIZER GLISEROL SEBAGAI COATING PADA BUAH SEGAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3243Kb)

    Abstract

    Edible film merupakan lapisan tipis yang melapisi bahan pangan yang layak dikonsumsi, dan dapat terdegradasi oleh alam. Pati jagung merupakan salah satu hidrokoloid yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku edible film. Penambahan perasan temu hitam pada edible film berfungsi sebagai pembawa senyawa antioksidan sehingga edible film yang dihasilkan memiliki nilai fungsional yang lebih baik. Tujuan penelitian adalah membuat edible film dari pati jagung dengan perasan temu hitam sebagai antioksidan dan gliserol sebagai plasticizer yang kemudian diaplikasikan sebagai coating pada buah segar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TP Chemical technology
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Dec 2018 15:35
    Last Modified: 19 Dec 2018 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42777

    Actions (login required)

    View Item