Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pecahan Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Sari, Venny Noermalita (2018) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pecahan Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (145Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Venny Noermalita Sari. K7114184. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Bentuk dari penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti sebanyak dua siklus. Setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari 2 pertemuan, dan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis data interaktif dari Miles & Hubberman yang terdiri dari 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan sebelum tindakan hanya 62,4 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 28,9%. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan setelah diberi tindakan meningkat menjadi 77,2 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 66,7% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,4 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 92,9% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 19 Dec 2018 15:35
    Last Modified: 19 Dec 2018 15:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42776

    Actions (login required)

    View Item