Pembelajaran Fisika Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

, KHOTIMAH (2018) Pembelajaran Fisika Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (331Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Fisika melalui model problem based learning pada siswa kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016; 2) meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika melalui model inkuiri kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 8 Surakarta semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa. Data diperoleh melalui observasi, kajian dokumen, tes tertulis, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran Fisika melalui model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil Ketuntasan KKM Keaktifan. Pada siklus I telah mengalami peningkatan tetapi semua aspek keaktifan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Pada siklus II semua aspek keaktifan secara berurutan visual, oral, listening, writing, mental, dan emotional telah mencapai KKM sebesar 45,24 %; 36,90 %; 50 %; 47,62 %; 30,95 %; dan 30,95 %. (2) pembelajaran Fisika melalui model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM pada aspek motivasi yaitu 81,12 %. Kata Kunci : problem based learning, keaktifan, motivasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 18:33
    Last Modified: 15 Dec 2018 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42773

    Actions (login required)

    View Item