PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP MELALUI PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL PERTANYAAN DI TAHAP PENENTUAN KELOMPOK, PROSEDUR PENGUMPULAN DAN ANALISIS DATA PADA PROJECT BASED LEARNING

HARDIANA, NINA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN DAN MENGHUBUNGKAN KONSEP MELALUI PENERAPAN TEKNIK INSTRUKSIONAL PERTANYAAN DI TAHAP PENENTUAN KELOMPOK, PROSEDUR PENGUMPULAN DAN ANALISIS DATA PADA PROJECT BASED LEARNING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nina Hardiana K4314048. Peningkatan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep Melalui Penerapan Teknik Instruksional Pertanyaan di Tahap Penentuan Kelompok, Prosedur Pengumpulan dan Analisis Data pada Project Based Learning. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2018. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep siswa melalui penerapan teknik instruksional pertanyaan di tahap penentuan kelompok, prosedur pengumpulan dan analisis data pada project based learning. Subjek penelitian terdiri dari 34 peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data berupa skor concept map siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, assessment, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui skor concept map. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan penerapan teknik instruksional berupa pertanyaan guru di tahap penentuan kelompok, prosedur pengumpulan dan analisis data pada project based learning meningkatkan skor concept map yang memvisualisasikan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep. Kata Kunci : Teknik instruksional, pertanyaan guru, concept map, project based learning, menemukan dan menghubungkan konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Dec 2018 18:53
    Last Modified: 15 Dec 2018 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42763

    Actions (login required)

    View Item